PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LOGIKA UNTUK SMA KELAS X

Fakhrunnisaa, Hanifah Aabidah and Mahmudi, Ali (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LOGIKA UNTUK SMA KELAS X. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Text
1.HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan kontestual pada materi logika untuk SMA kelas X sesuai dengan kurikulum KTSP. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cangkringan, Sleman. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, 2) angket respon dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan 3) soal tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan kontekstual pada materi Logika untuk SMA kelas X. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP yaitu 4,29 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4,15 dari skor maksimal 5 yang berarti baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memnuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata angket respon siswa yaitu 4 dari skor maksimal 5 yang berarti baik, skor rata-rata angket respon guru yaitu 4,69 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik, dan persentase rata-rata hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yaitu 92,55 % yang berarti sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif ditunjukkan oleh persentase ketuntasan siswa yaitu 79,17 % yang berarti baik. Kata kunci: perangkat pembelajaran, kontekstual, logika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 04 Aug 2016 12:41
Last Modified: 30 Jan 2019 10:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38667

Actions (login required)

View Item View Item