Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Seni Tari Siswa SMA N 1 Sedayu Bantul Melalui Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen

Mulyana, Ari (2011) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Seni Tari Siswa SMA N 1 Sedayu Bantul Melalui Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ari-mulyana-08703254013.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperbaiki pembelajaran seni tari di SMA N 1 Sedayu Bantul, (2) meningkatkan gairah/semangat siswa yang ditandai dengan rasa tidak malas dalam mengikuti pelajaran tari, dan (3) meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya tari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data melalui: observasi partisipasi, wawancara, analisis dokumen, catatan lapangan, angket, dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah: deskriptif kualitatif analisis. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi metode. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, perencanaan dan pengelolaan pembelajaran koreografi yang terperinci, sistematis dan kontekstual meliputi: tujuan, materi, metode, media, pembagian waktu dan evaluasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kedua, pelaksanaan pembelajaran koreografi mengunakan bentuk pengorganisasian kelas yang bervariasi yakni individual, kelompok, dan klasikal dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa antusias dalam mengikuti pelajaran tari. Ketiga, pelaksanaan pengkoordinasian dan pemotivasian belajar pada siswa dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa. Keempat, pengawasan dan pengendalian aktifitas siswa melalui kerja kelompok dan adanya penilaian proses dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan upaya tersebut nilai prestasi siswa bisa mencapai rata-rata 78,12, nilai di atas KKM yaitu 75,00. Kesim pulan akhir yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berkaitan satu sama lain dalam suatu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peningkatan prestasi, belajar seni tari, prinsip manajemen
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:56
Last Modified: 29 Jan 2019 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38653

Actions (login required)

View Item View Item