PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Risatina, Hesti (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2015/ 2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HESTI RISATINA_12803241007.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menyususn Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Terdapat dua siklus dalam penelitian ini. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Dalam setiap siklusnya terdiri dari empat rencana tindakan, yaitu perencanaan , tindakan, mengamati, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih adalah Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Obervasi dan Angket. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi dan Angket Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2015/2016. Pada observasi ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 7,5%. Hal ini ditunjukkan dari skor observasi sebesar 66,29% menjadi 73,79% pada siklus I. Peningkatan juga terjadi pada siklus I ke siklus II yaitu sebesar 8,82% dari 73,79% pada siklus I menjadi 82,61% pada siklus II. Selain data dari observasi, terdapat juga data dari angket yang didistribusikan menunjukan adanya peningkatan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dari skor siklus I ke siklus II sebesar 3,53% dari 75,33% pada siklus I menjadi 78,86% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 10:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38652

Actions (login required)

View Item View Item