LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji 47 Yogyakarta

Ahmad Jatmiko, Ahmad Jatmiko (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. A.M Sangaji 47 Yogyakarta. laporan ppl.

[img] Text
Lembar Pengesahan, daftar isi, abstrak.docx

Download (134kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (FIX).docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (675kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (25kB)

Abstract

Sebagai salah satu syarat yang harus ditempuh guna mendapatkan gelar sarjana kependidikan, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan kependidikan.. Kegiatan PPL ini meliputi pembuatan administrasi keguruan seperti RPP, Jam efektif, Program Tahunan, Program Semester, dll,kemudian Praktik Mengajar, dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari PPL itu sendiri adalah untuk mengenalkan dunia pendidikan kepada mahasiswa jurusan kependidikan agar kelakmemiliki profesionalitas dengan cara terjun secara langsung ke lapangan untuk mendapatkan pengalaman. Persiapan awal yang dilakukan sebelum terjun ke lapangan adalah menjalani mata kuliah Micro Teaching agar mahasiswa mengetahui seperti apakah cara mengajar, dan apa saja yang harus dipenuhi sebelum mengajar. Sebelum menyusun program PPL, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan observasi terlebih dahulu. Observasi ini dimaksudkan untuk mengetahui keadaan kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung, serta mahasiswa dapat mengamati secara langsung bagaimana guru mengajar. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMK N 2 Yogyakarta yang beralamat di Jalan AM Sangaji no 47 Yogyakarta mulai tanggal 2 juli 2014 sampai dengan tanggal 17 September 2014. Mata pelajaran yang diampu oleh penulis pada kegiatan PPL ini adalah Instalasi Tenaga Listrik (INTEL) untuk kelas XI yang terdiri dari Intel 1 (instalasi ketenagaan) dan Intel 2 ( Perawatan, Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga atau disingkat P3LRT). Praktik mengajar dilaksanakan pada 2 kelas utama yaitu kelas XI TIPTL 2 dan XI TIPTL 3, dan ditambah Team Teaching yang dilaksanakan pada kelas XI TIPTL 4 bersama dengan mahasiswa PPL lain yang berkewajiban mengajar kelas tersebut. Pelaksanaan Team Teaching itu tersendiri dilakukan agar total jam minimal yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa PPL untuk menyelesaikan tugasnya dapat terpenuhi. Hasil akhir perhitungan daya serap untuk kelas XI TIPTL 2 dan XI TIPTL 3 pada mata pelajaran Intel 1 adalah 90,63% dan 68,75% sedangkan untuk mata pelajaran Intel 2 adalah 100% dan 100%, hal ini dapat menjadi acuan oleh penulis agar dapat memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan mengajar lebih baik lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas guru, PPL, Intel, Daya Serap.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:26
Last Modified: 04 Aug 2016 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38649

Actions (login required)

View Item View Item