ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XII AKUNTANSI SMK YAPEMDA 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Dyan Pertiwi, Yunita (2016) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XII AKUNTANSI SMK YAPEMDA 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_12803244039_Yunita Dyan Pertiwi.pdf

Download (242MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Kelas XII Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 berdasarkan Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Soal terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman. Soal tersebut dianalisis berdasarkan Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates Versi 4.09 dan perhitungan manual dengan bantuan excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Validitas butir soal untuk soal pilihan ganda 22 butir soal atau 55% dikatakan valid dan 18 butir soal atau 45% dikatakan tidak valid, dan untuk soal uraian 1 butir atau 20% dikatakan valid dan 4 butir atau 80% dikatakan tidak valid. (2) Reliabilitas soal untuk soal pilihan ganda sebesar 0,712, dan untuk soal uraian sebesar 0,213. (3) Daya Pembeda soal pilihan ganda 27 butir soal atau 67,5% memiliki daya pembeda jelek, 10 butir soal atau 25% memiliki daya pembeda cukup, 1 butir soal atau 2,5% memiliki daya pembeda baik, 1 butir soal atau 2,5% memiliki daya pembeda baik sekali dan 1 butir soal atau 2,5% memiliki daya pembeda tidak baik, dan untuk soal uraian menunjukkan 3 butir soal atau 60% memiliki daya pembeda jelek, 1 butir soal atau 20% memiliki daya pembeda cukup, dan 1 butir soal atau 20% memiliki daya pembeda baik. (4) Tingkat Kesukaran soal pilihan ganda 1 butir soal atau 2,5% tergolong sukar, 8 butir soal atau 20% tergolong sedang, 31 butir soal atau 77,5% tergolong mudah, dan untuk soal uraian 2 butir soal atau 40% tergolong sedang, dan 3 butir soal atau 60% tergolong mudah. (5) Efektivitas Pengecoh soal pilihan ganda 2 butir soal atau 5% memiliki pengecoh sangat baik, 3 butir soal atau 7,5% memiliki pengecoh baik, 13 butir soal atau 32,5% memiliki pengecoh cukup, 15 butir soal atau 37,5% memiliki pengecoh kurang baik, dan 7 butir soal atau 17,5% memiliki pengecoh tidak baik. Kata kunci: Analisis Butir Soal, Komputer Akuntansi. vii AN ANALYSIS OF THE FINAL EXAMINATION ITEMS OF KOMPUTER AKUNTANSI COURSE AT ODD SEMESTER GRADE XII OF ACCOUNTING DEPARTEMENT AT SMK YAPEMDA 1 SLEMAN YEAR 2015/2016 Yunita Dyan Pertiwi 12803244039 ABSTRAK This research aims to analyze he Quality of Final Exam Item of Komputer Akuntansi course at Odd Semester Grade XII of Accounting Departement at SMK Yapemda 1 Sleman year 2015/2016 based on the Validity,Reliabilty,Distinctive Factors, Level of Difficulitly,and Effectiveness of Distractive Factors. This study is categorized as a descriptive-quantitative research. The final examination items used in this research are consisted of 40 multiple choices and 5 essays. Those items are analyzed based on their Validity,Reliability, Distinctive Factors, Level of Difficulty, and The Effectiveness of Distractive Factors. The subject used in this research is students at grade XII of accounting department at SMK YAPEMDA 1 Sleman. The gathering data technique for this study is content analysis. The data is analyzed used Anates program version 4.09 and excel. The result of this research shows that: (1) Based on the validity, the multiple choices which are valid are 22 items or 55%, while the essays are valid 1 item or 20%, and invalid items which are 4 items or 80%. (2) Based on the reliability, the items which have high-reliability are about 0,712 for multiple choices and low-reliability are about 0,213 for essays. (3) Based on distinctive factor, for multiple choices, 27 items or 67,5% are weak, 10 items or 25% are enough, 1 items or 2,5% are good, 1 item or 2,5% is very good, and 1 item or 2,5% are not good. For essay, 3 items or 60% is categorized weak, and 1 item or 20% is categorized enough, and 1 item or 20% is categorized good. (4) Based on the level of difficulty, for multiple choices, 1 item or 2,5% is difficult, 8 items or 20% are medium, 31 items or 77,5%0% are easy. For essay, 2 items or 40% are medium, 3 items or 60% are easy. (5) Based on the effectiveness of distraction factors, 2 items or 5% are categorized very good, 3 items or 7,5% are categorized good, 13 item or 32,5% are categorized enough, 15 items or 37,5% are categorized not good, and 7 items or 17,5% are categorized not very good..

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analysis of items, Komputer Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 10:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38646

Actions (login required)

View Item View Item