LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 KLATEN

Zakiah, Zakiah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN_OKE_zaza.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu wadah bagi setiap mahasiswa untuk mendapatkan bekal mengajar di satuan pendidikan yakni dengan terjun langsung ke dalam satuan pendidikan terkait. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan PPL ini adalah untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Program-program yang dilaksanakan dalam kegiatan PPL ini mengupayakan agar keterampilan kependidikan yang diperoleh mahasiswa di kampus dapat direalisasikan dan dikembangkan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Klaten, dimulai dari tanggal 28 Februari sampai 17 September 2014. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi: a) Penerjunan PPL; b) Observasi Sekolah; c) Observasi kelas; d) Pendampingan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB); e) Pendampingan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD); f) Pesantren kilat; g) Pembuatan media pembelajaran prakarya; h) Penyusunan Rencana Peleksanaan Pembelajaran (RPP); i) Pembuatan media pembelajaran “powerpoint”; j) Praktik Mengajar; k) Pembuatan media pembelajaran manual; l) Piket sekolah dan PBM m) Pembuatan soal ulangan; dan n) Pengadaan kumpulan media pembelajaran. Praktik langsung di sekolah dapat membantu mahasiswa untuk memperoleh bekal dan pengalaman mengenai tugas guru sebagai seorang pengajar dan seorang pendidik. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah mengajar mata pelajaran Prakarya di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, dan VII F. Bahan ajar yang diberikan adalah Kerajinan Bahan Alam khususnya keramik. Kegiatan pembelajaran meliputi teori dan praktik. Secara umum kegiatan PPL yang telah disusun dan direncanakan berlangsung dengan baik dan lancar. Sebagaimana tujuan dari kegiatan PPL, mahasiswa PPL dituntut untuk belajar bersosialisasi dengan lingkungan pembelajaran di sekolah. Selain itu, kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori pembelajaran yang selama ini diterima di bangku kuliah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:16
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38645

Actions (login required)

View Item View Item