Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Real World Problem Solving terhadap Kemampuan Kognitif dalam Meretensi dan Mentransfer serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajawa

Kua, Maria Yuliana (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Real World Problem Solving terhadap Kemampuan Kognitif dalam Meretensi dan Mentransfer serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajawa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-yuliana-kua-14726251015.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: 1) pengaruh penerapan model pembelajaran real world problem solving terhadap peningkatan kemampuan kognitif dalam meretensi dan mentransfer materi suhu dan kalor; 2) pengaruh penerapan model pembelajaran real world problem solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor; 3) pengaruh penerapan model pembelajaran real world problem solving terhadap peningkatan kemampuan kognitif dalam meretensi dan mentransfer serta kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan model pembelajaran langsung pada materi pokok suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan quasi experiment yang menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Bajawa yang terdiri dari sembilan kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan kognitif dalam meretensi dan mentransfer materi suhu dan kalor berbentuk pilihan ganda dan tes kemampuan berpikir kritis berbentuk uraian serta lembar observasi proses pelaksanaan pembelajaran. Instrumen telah divalidasi dan dinyatakan valid dan reliabel. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-T berpasangan dan MANOVA pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran real world problem solving yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan kognitif dalam meretensi dan mentransfer materi suhu dan kalor; 2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran real world problem solving yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor; 3) terdapat perbedaan kemampuan kognitif dalam meretensi dan mentransfer serta kemampuan berpikir kritis antara pembelajaran yang menggunakan model real world problem solving dan pembelajaran dengan model langsung

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran real world problem solving, kemampuan kognitif dalam meretensi dan mentransfer, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:04
Last Modified: 09 May 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38643

Actions (login required)

View Item View Item