PENGEMBANGAN GAME EDUKASI WHO WANTS TO BE AN ACCOUNTANT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016

ERIKA SARI, INDAH (2016) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI WHO WANTS TO BE AN ACCOUNTANT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_INDAH ERIKA SARI_12818244022.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan game edukasi Who Wants to be an accountant untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Bhakti Karya 1 Magelang Tahun Ajaran 2015/2016, (2) mengetahui kelayakan game edukasi Who Wants to be an Accountant berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan siswa pada tahap uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi pada kompetensi dasar menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang setelah menggunakan game edukasi Who Wants to be an accountant. Jenis penelitian pengembangan ini mengikuti model pengembangan ADDIE yaitu tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket & tes hasil belajar melalui pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan game edukasi Who Wants to be an Accountant sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Tingkat kelayakan dibuktikan dengan penilaian dari : (1) ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,58 dengan kategori “Sangat Layak”, (2) ahli media diperoleh nilai rata-rata 4,19 dengan kategori “Layak”, (3) Uji Coba Perorangan diperoleh nilai rata-rata 4,38 dengan kategori “Sangat Layak”, (4) Uji Coba Kelompok Kecil diperoleh nilai rata-rata 4,48 dengan kategori “Sangat Layak”, dan (5) Uji Coba Lapangan diperoleh nilai rata-rata 4,55 dengan kategori “Sangat Layak”. Selain itu game edukasi Who Wants to be an Accountant juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Bhakti Karya 1 Magelang. Berdasarkan uji t berpasangan diperoleh t hitung sebesar -15.053 dengan sig. 0,000 yang menunjukkan pengukuran signifikan, dengan peningkatan hasil belajar 22,58 % dari nilai rata-rata pretest 67,83 dan posttest 81,76.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran Akuntansi, game edukasi, Who Wants to be an Accountant, Hasil Belajar, Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang, ADDIE, SMK.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 10:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38641

Actions (login required)

View Item View Item