Keefektifan Kelompok Kerja Guru (KKG) di Lingkungan Subdinas Pendidikan Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah

Agung, Ardana Himawan (2011) Keefektifan Kelompok Kerja Guru (KKG) di Lingkungan Subdinas Pendidikan Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ardana-himawan-agung-08703251020.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Keefektifan pelaksanaan kegiatan KKG di lingkungan Subdinas Pendidikan Kecamatan Tawangsari; 2) Berbagai permasalahan yang timbul dalam kegiatan KKG di lingkungan Sub Dinas Pendidikan Kecamatan Tawangsari dan 3) Upaya untuk mewujudkan KKG yang efektif di lingkungan sub Dinas Pendidikan Kecamatan Tawangsari. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan adalah model evaluasi formatif, sebab mengarah pada proses program yang dievaluasi. Observasi dilakukan kepada 6 gugus dan wawancara dilakukan pada 6 orang kepala sekolah sebagai ketua gugus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi ,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kegiatan KKG di lingkungan Subdinas Pendidikan Kecamatan Tawangsari telah berjalan cukup efektif dengan perolehan 56.32%. Hasil ini telah diukur berdasarkan enam sub variabel, di mana terdapat satu sub variabel diperoleh kurang efektif, yaitu waktu pelaksanaan kegiatan. Lima sub variabel yang lain telah dapat dinyatakan cukup efektif, sub variabel tersebut terdiri dari jenis kegiatan KKG, metode pemberian materi kegiatan KKG, kewenangan kegiatan KKG, kegiatan pembinaan melalui KKG, waktu pelaksanaan kegiatan KKG dan peserta KKG; 2) Permasalahan timbul berkaitan dengan kegiatan KKG cukup bervariatif dan dapat dilihat berdasarkan ruang lingkup kegiatan, iklim organisasi dan administrasi sekolah. Permasalahan juga biasanya timbul karena tidak tersediannya dana, seperti kegiatan darmawisata, meski kegiatan ini penting namun karena terkendala dana yang kurang memadai menjadikan kegiatan ini sulit terpenuhi. Dengan penghasilan sebagai guru yang minim, guru akan berpikir dua kali, karena kebutuhan rumah tangga, anak-anak dan sehari-hari tidak dapat ditinggalkan; dan 3). Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mewujudkan kegiatan KKG berjalan dengan efektif. Upaya-upaya tersebut pada intinya memerlukan kesadaran bagi setiap individu sekolah yang bersangkutan. Misalnya guru yang bersangkutan hendaknya dapat meluangkan waktu dengan komitmen dan tekad bahwa kegiatan tersebut merupakan suatu kebutuhan untuk menunjang karirnya sebagai guru. Kepala sekolah semestinya memberikan kebijakan seluas-luasnya kepada guru untuk mengembangkan diri seperti mengikuti kegiatan KKG.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Kerja Guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:23
Last Modified: 04 Aug 2016 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38638

Actions (login required)

View Item View Item