LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK TUNAS IBU, SENDEN II, SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN

DEWI IRUL KORIATI, DEWI IRUL KORIATI (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK TUNAS IBU, SENDEN II, SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Judul, pengesahan, kata pengantar,dftr isi, abstrak DEWI IRUL KORIATI.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1, BAB II, BAB III PPL DEWI IRUL KORIATI.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa strata-1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari program PPL UNY adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan memahami permasalahan sekolah terkait dengan proses pembelajaran, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah didapat selama perkuliahan guna mengembangkan sekolah. TK Tunas Ibu merupakan salah satu lembaga sekolah yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Tk Tunas Ibu berlokasi di dusun Senden II, Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Tim PPL UNY 2014 di TK Tunas Ibu berasal dari 1 prodi yaitu prodi PG PAUD, sehingga program yang dilaksanakan di TK meliputi program-program yang berkaitan dengan pendidikan. Kegiatan PPL di TK Tunas Ibu berlangsung selama 2,5 bulan sejak tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Program program yang telah disusun diawal kegiatan telah dilaksanakan dengan cukup baik. Program-program tersebut diantaranya Pengadaan Karpet, pengadaan gudang, pengadaan hiasan di dalam kelas, pengecetan alat permainan outdoor, dan lain-lain. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di Tk Tunas Ibu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengenal dan mempelajari permasalahan di TK terkait proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38616

Actions (login required)

View Item View Item