LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK TUNAS IBU, SENDEN II, SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN

ARIFANI YEKTININGTYAS, ARIFANI YEKTININGTYAS (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK TUNAS IBU, SENDEN II, SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
halaman judul INDIVIDU.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa strata-1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari program PPL UNY adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan memahami permasalahan sekolah terkait dengan proses pembelajaran, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah didapat selama perkuliahan guna mengembangkan sekolah. TK Tunas Ibu merupakan salah lembaga sekolah yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Tk Tunas Ibu berlokasi di dusun Senden II, Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan PPL di TK Tunas Ibu berlangsung selama 2,5 bulan sejak tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Program-program yang telah disusun diawal kegiatan telah dilaksanakan dengan cukup baik. Program-program tersebut dibagi menjadi program kelompok besar (non pengajaran), program individu (non pengajaran) dan program individu (pengajaran). Program kelompok besar terdapat program-program sebagai berikut: tamaninsasi, pengadaan UKS, pengadaan gudang, membantu penilaian pembelajaran TK tunas ibu, pembuatan media, pembuatan struktur organisasi, labelisasi, dan membantu administrasi sekolah. Program individu (non pengajaran) yaitu program mempromosikan TK dan senam. Kemudian dalam program individu (pengajaran) antara lain: praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, ujian praktik mengajar. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di Tk Tunas Ibu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengenal dan mempelajari permasalahan di TK terkait proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:22
Last Modified: 03 Aug 2016 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38615

Actions (login required)

View Item View Item