Implementasi Model Kelompok Pertemuan Orangtua Berbasis Kemitraan untuk Meningkatkan Partisipasi Orangtua (Studi Kasus Model Kelompok Pertemuan Orangtua di Kelompok Bermain Surya Marta Yogyakarta).

Kurniawan, Didik (2016) Implementasi Model Kelompok Pertemuan Orangtua Berbasis Kemitraan untuk Meningkatkan Partisipasi Orangtua (Studi Kasus Model Kelompok Pertemuan Orangtua di Kelompok Bermain Surya Marta Yogyakarta). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-didik-kurniawan-14704251010.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana perencanaan model kelompok pertemuan orangtua (KPO) di KB Surya Marta, (2) pelaksanaan model kelompok pertemuan orangtua (KPO) berbasis kemitraan di KB Surya Marta, dan3) manfaat kelompok pertemuan orangtua (KPO) bagi orangtua di KB Surya Marta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik mengumpulkan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi lapangan. Teknik analisis data menggunakan pola interaktif data Miles dan Hubberman. Subjek penelitian terdiri dari 1 orang penanggungjawab KB Surya Marta, 6 orang pendidik dan 8 orangtua. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan model KPO di KB Surya Marta disusun dengan pendekatan bottom up planning (perencanaan dari bawah). Bottom up planning adalah perencanaan yang disusun berdasarkan kebutuhan, keinginan dan permasalahan yang dihadapi bersama dan pengelola berfungsi sebagai fasilitator. Adapun perencanaan model KPO di KB Surya Marta terdiri dari: a) pembentukan pengurus KPO tahun ajaran 2015/2016, b) kordinasi KPO rutin setiap bulan, c) membuat jadwal kegiatan untuk KPO. 2) Pelaksanaan model kelompok pertemuan orangtua (KPO) di KB Surya Marta dilakukan dengan pendekatan partisipatif. Pendekatan partisipatif melibatkan orangtua dalam penyampaian saran dan pendapat, pengetahuan dan keterampilan dalam mengenal masalah, mengkaji pilihan, membuat keputusan, dan memecahkan masalah. Adapun pelaksanaan model KPOdi KB Surya Marta terdiri dari: a) kordinasi untuk persiapan kegiatan, b) melibatkan KPO sebagai panitia kegiatan, dan c) evaluasi setelah pelaksanaan kegiatan. (3) Manfaat KPO sebagai wadah komunikasi, tempat sharing dan pembelajaran orangtua satu dengan yang lainnya dalam perkembangan pendidikan anak usia dini

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KPO, kemitraan, partisipasi orangtua
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:58
Last Modified: 09 May 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38602

Actions (login required)

View Item View Item