Implementasi Fungsi Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Praya Lombok Tengah

Dasarja, Lalu Butsiawan (2016) Implementasi Fungsi Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Praya Lombok Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lalu-butsiawan-dasarja-14703251032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang implementasi Fungsi Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Praya Lombok Tengah. Deskripsi tersebut meliputi: perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengendalian. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Tempat penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Praya, Lombok Tengah. Informan kunci pada penelitian ini yaitu kepala madrasah. Informan lain yang mendukung adalah Wakil Kepala Madrasah, dan Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Praya, Lombok Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara uji credibility, transferability, dependability, confirmability. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman & Saldana. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan disusun secara bersama meliputi: (a) rencana strategis berupa visi, misi dan tujuan, program prioritas, program umum, dan program pengembangan; dan (b) rencana operasional berupa rencana kerja, rencana tahun anggaran, rencana tahun pelajaran, rencana kegiatan, jadwal, dan rencana penggunaan dana. (2) Pengorganisasian disusun dalam perencanaan berupa: (a) membuat struktur organisasi dan deskripsi tugas, dan (b) pendayagunaan sumberdaya manusia dilakukan melalui: pelatihan, forum kelompok kinerja guru serta karyawan, dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler. Pembinaan dan pembimbingan dilakukan secara rutin dengan agenda mengembangkan potensi serta bakat siswa, meningkatkan profesionalisme guru dan karyawan dalam kegiatan pembelajaran serta pelaksanaan program madrasah. (3) Penggerakan dilakukan dengan cara memotivasi dan mengarahkan seluruh personil anggota madrasah. Motivasi dan pengarahan dilakukan melalui: (a) pelatihan-pelatihan dan diklat. (b) pembagian tugas dan wewenang. (c) mengelola program yang sudah disusun dalam rangka pengembangan karakter siswa. (4) Pengendalian dilakukan dengan cara monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap program yang dilaksanakan. Pengawasan secara rutin dilakukan setiap satu minggu dan melakukan pelaporan setiap bulan dengan mengadakan rapat serta melakukan evaluasi. Makna yang terkandung dalam implementasi fungsi manajemen antara lain kepala madrasah melaksanakan perannya sebagai manajer, menerapkan sebagian kompetensi manajerial, dan melaksanakan sebagian standar pengelolaan madrasah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Fungsi Manajemen, Kepala Sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:41
Last Modified: 14 Dec 2022 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38587

Actions (login required)

View Item View Item