Pengembangan Instructional Games Kimia Berbasis Android Pada Materi Laju Reaksi Terintegrasi Group Investigation untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA

Puspita, Ita (2016) Pengembangan Instructional Games Kimia Berbasis Android Pada Materi Laju Reaksi Terintegrasi Group Investigation untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ita-puspita-14728251015.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) karakteristik instructional games kimia berbasis android pada materi laju reaksi untuk peserta didik SMA; (2) kelayakan instructional games kimia berbasis android yang dikembangkan; serta (3) perbedaan peningkatan kreativitas dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan instructional games kimia berbasis android dengan pembelajaran tanpa instructional games kimia berbasis android. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall. Pengembangan dilakukan melalui enam tahapan yaitu studi pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, validasi produk, evaluasi produk, dan diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi kimia, lima peer reviewer dan lima pendidik kimia. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas XI SMA/MA dengan rincian sembilan peserta didik SMAN 1 Cangkringan untuk uji coba perorangan, 29 peserta didik SMAN 6 Yogyakarta untuk uji coba terbatas, dan 31 peserta didik kelas XI SMAN 7 Yogyakarta untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket kreativitas, dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) software instructional games kimia berbasis android dengan karakteristik dapat dioperasikan pada perangkat android, mendukung pembelajaran kimia SMA pada materi laju reaksi, dapat digunakan di dalam maupun di luar pembelajaran kimia di sekolah, serta menyajikan penjelasan materi dan latihan soal dalam bentuk permainan yang menarik dan interaktif; (2) instructional games kimia yang telah dikembangkan memiliki kriteria kualitas baik dari penilaian aspek materi dan aspek media, dan hasil uji coba peserta didik; serta (3) terdapat perbedaan peningkatan kreativitas dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan instructional games kimia berbasis android dengan pembelajaran tanpa instructional games kimia berbasis android.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Instructional Games,Kreativitas, Hasil Belajar, Laju Reaksi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:23
Last Modified: 09 May 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38576

Actions (login required)

View Item View Item