KEEFEKTIFAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM SETTING PEMBELAJARANLEARNING CYCLE 7EPADA MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATISSISWA SMP KELAS VII

Fatimah, Arlina Lili and Jailani, Jailani (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM SETTING PEMBELAJARANLEARNING CYCLE 7EPADA MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATISSISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan open-ended dalam setting pembelajaran learning cycle 7e apabila ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalahquasi experimental research atau penelitian eksperimen semu dengan desain pretest post-test nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tempel sebanyak 5 kelas dengan sampel dua kelas yang dipilih secara acak diperoleh kelas VII A dan kelas VII B. Kedua kelas diberikan perlakuan berbeda yaitu kelas VII A sebagai kelas ekperimen yang menggunakan pendekatan openended dalam setting pembelajaran learning cycle 7e dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri dari soal uraian serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.Analisis data yang dilakukan dengan deskripsi data dan uji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian dengan menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) pendekatan open-ended dalam setting pembelajaran learning cycle 7e efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; 2) pendekatan ekpositori efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; 3) pendekatan open-ended dalam settinglearning cycle 7e lebih efektif jika dibandingkan dengan pendekatan ekspositori apabila ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata kunci: Open-ended, Learning cycle 7e, Berpikir Kreatif, Ekspositori

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 10:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38573

Actions (login required)

View Item View Item