PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE BILINGUAL “CLOSE TO RADIOACTIVITY” SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMA/MA

Agusta P, Ines (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE BILINGUAL “CLOSE TO RADIOACTIVITY” SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI%20INES%20AGUSTA%20P_08303241001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan website bilingual "Close to Radioactivity" untuk siswa SMA/MA yang memenuhi kriteria kualitas untuk dijadikan sumber belajar kimia secara mandiri dan mengetahui kualitas media pembelajaran website bilingual "Close to Radioactivity" yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA sebagai reviewer. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), tanpa tahap implementasi. Pengembangan media berbasis website ini berfokus pada materi radioaktivitas. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh satu dosen pembimbing sebagai ahli media, satu dosen pembimbing sebagai ahli materi, tiga peer reviewer, dan selanjutnya direvisi. Penilaian kualitas website dilakukan oleh lima orang guru kimia SMA di kota Yogyakarta. Penilaian kualitas website dilakukan berdasarkan empat kriteria, yaitu komponen kelayakan materi, komponen penyajian, komponen bahasa dan gambar, serta komponen tampilan menggunakan angket dengan skala Likert. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian dikonversi menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif ditabulasi dan dianalisis menggunakan kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas website tersebut. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran website bilingual "Close to Radioactivity" sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMA/MA. Alamat website ini adalah www.inesagusta.com. Berdasarkan penilaian dari lima orang guru kimia SMA, skor rata- rata penilaian keseluruhan untuk website yang dikembangkan adalah 83,4 atau 83,4% dengan kategori kualitas Baik (B). Oleh karena itu website ini layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMA/MA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38564

Actions (login required)

View Item View Item