Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Kecenderungan Otak Kanan siswa dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP

Halawati, Firda (2016) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Kecenderungan Otak Kanan siswa dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-firda-halawati-14709251059.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, kecenderungan otak kanan, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP (2) pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, kecenderungan otak kanan, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP (3) hubungan kausal baik langsung maupun tidak langsung antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, kecenderungan otak kanan, motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se-kabupaten Kuningan. Sampel 10 sekolah dipilih dengan menggunakan stratified proportional random sampling berdasarkan strata sekolah yang dilihat dari nilai UN dengan jumlah responden sebanyak 400 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan pengisian Software Brainwork. Dari hasil uji coba untuk angket lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan motivasi belajar diperoleh estimasi reliabilitas berturut-turut adalah 0,675; 0,650 dan 0,809. Rata-rata kesalahan baku pengukuran (standard error of measurement, SEM) masing-masing adalah 4,45; 4,59 dan 4,41. Untuk mengukur kecenderungan otak siswa digunakan Software Brainwork. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier ganda dan analisis jalur dengan empat variabel bebas, dan analisis korelasi parsial dengan terlebih melalukan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga siswa SMP berada pada kategori tinggi, lingkungan sekolah berada pada kategori tinggi, keecnderungan otak kanan siswa berada pada kategori rendah, motvasi belajar berada pada kategori tinggi dan prestasi belajar matemtika berada pada kategori sedang. (2) Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, kecenderungan otak kanan dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan sumbangan sebesar 16,3%. (3) Keempat variabel bebas mempunyai hubungan kausal langsung maupun tidak langsung sebesar 0,59; 0,1; 0,059; 0,12; 0,33; 0,0396 dan 0,07.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, kecenderungan otak kanan, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:19
Last Modified: 09 May 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38561

Actions (login required)

View Item View Item