Pengembangan Asesmen Berpikir Kreatif Guru Taman Kanak-Kanak

Setiawan, Risky (2016) Pengembangan Asesmen Berpikir Kreatif Guru Taman Kanak-Kanak. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-risky setiawan-12701261010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk: 1) menghasilkan konstruk instrumen asesmen berpikir kreatif guru TK, dan 2) mengetahui karakteristik produk instrumen asesmen berpikir kreatif guru TK di Provinsi Jawa Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan Model ADDIE dari Molenda (Analyze-Design-Develop-Implementation-Evaluation). Subyek penelitian adalah guru TK di Provinsi Jawa Tengah dengan teknik purposive random sampling sebanyak 281 guru TK. Hasil pengembangan produk diujicobakan secara terbatas pada 75 responden selanjutnya diujicobakan secara luas pada 281 responden. Hasil analisis validitas konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) menunjukkan 39 butir valid sedangkan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach dan skor komposit menunjukkan kategori baik (>0,7). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konstruk instrumen asesmen berpikir kreatif guru TK terdiri dari 3 komponen (profesionalitas guru, convergent thinking dan divergent thinking), 2) karakteristik produk yang dikembangkan adalah; a) pada tiap instrumen: (1) instrumen profesionalisme guru: (a) unidimensi, (b) cocok dengan model GPCM (Generalized Partial Credit Model), (c) estimasi TIF optimal pada theta -2,02 ; (2) instrumen divergent thinking: (a) unidimensi, (b) cocok dengan model GPCM, (c) estimasi TIF optimal pada theta 0,25; (3) instrumen convergent thinking: (a) unidimensi, (b) cocok dengan model 2PL dan 3PL, (c) estimasi TIF optimal pada theta 1,5; b) model yang dikembangkan identik dengan teori/Ho diterima, c) efektivitas produk yang dikembangkan dengan hasil kategori sangat tinggi

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: asesmen, IRT, divergent thinking, convergent thinking, profesionalitas guru TK
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:05
Last Modified: 30 Mar 2022 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38556

Actions (login required)

View Item View Item