LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SD SLEMAN 5

Sri Suratmi, Sri Suratmi (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SD SLEMAN 5. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
COVER.docx

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (54kB)

Abstract

Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus kemudian dikembangkan mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik kegiaatan di sekolah. Tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini yaitu merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu meningkatkan potensi, bakat, dan minat siswa yang berguna untuk menunjang proses belajar mengajar; membantu meningkatkan kondisi sekolah yang mendukung proses belajar mengajar; mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan/atau tenaga kependidikan, dalam hal ini adalah mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pembuatan RPP, pengembangan media pembelajaran, pendampingan praktikum dan pendampingan bimbingan belajar. Kegiatan PPL Mahasiswa UNY Tahun 2014, dilakukan di SD Negeri Sleman 5 , Krapyak Triharjo Sleman, Sleman,UPT YANDIK Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, 55514, Telepon (0274) 867641. Sekolah ini memiliki 6 ruang kelas yaitu kelas I ada 31 siswa, kelas II ada 33 siswa,Kelas III ada 33 siswa, kelas IV ada 35 siswa,kelas V ada 29 siswa,kelas VI ada 35 siswa. PPL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa UNY. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dan melakukan pengamatan secara langsung. Dalam hal ini sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SD N Sleman 5. Dari hasil observasi tersebut ditemukan bahwa anak kelas IV dalam mengikuti pelajaran olah raga senam lantai belum maksimal.Dari hasil observasi tersebut siswa dapat melakukan gerakan-gerakan yang terdapat dalam senam lantai gerakan kombinasi /rangkaian senam lantai berjalan, berguling ke depan dan meloncat ke atas dilakukan secara bergantian/perorangan. Kegiatan PPL serta praktik mengajar dilaksanakan tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Praktikan melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler serta membantu dalam pembenahan Administrasi UKS Setelah melaksanakan kegiatan PPL di SD Negeri Sleman 5, maka didapatkan hasil bahwa rata-rata siswa mempunyai kesungguhan dalam belajar yang baik, serta memperhatikan atau menurut apa yang di perintahkan oleh praktikan. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan out put yang baik, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara professional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 06:59
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38554

Actions (login required)

View Item View Item