LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 1 TURI

Zuliva Dwi Azizah, Zuliva Dwi Azizah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 1 TURI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
zuliva dwi azizah.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas perkuliahan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk melaksanakan kegiatan PPL di sekolah yang telah disediakan. PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajar-mengajar. Kegiatan PPL merupakan kegiatan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengelolaan sekolah sehingga dapat melatih kompetensi dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan. Pelaksaan PPL dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juni sampai dengan 17 September 2014 bertempat di SMP Negeri 1 Turi. Pelakasaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksaaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksakan setelah konsultasi rencana pelaksaaan pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksaan PPL dilaksanakan di kelas VIII A, VIII B, dan VIII D secara umum berjalan lancar, setiap minggunya penyusun bertatap muka sebanyak 2 kali, metode yang dilakukannya pun bervariasi, mulai dari metode ceramah, permainan, diskusi kelompok, dan presentasi. Hasil dari pelaksaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMP Negeri 1 Turi ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan Seni Rupa yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dari pengalaman ini mahasiswa mempunyai saran agar kerjasama dankoordinasi antarpihak sekolah,universitas dan mahasiswa dapat terus terjalin dengan baik dan lebih ditingkatkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 06:52
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38547

Actions (login required)

View Item View Item