PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM KOLOID TERHADAP NILAI KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 7 PURWOREJO

Puspitasari, - (2016) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM KOLOID TERHADAP NILAI KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 7 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI Puspitasari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nilai karakter dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 7 Purworejo dengan membandingkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem koloid. Sampel penelitian terdiri dari 52 peserta didik yang selanjutnya dibagi menjadi dua kelas. Kelas eksperimen 1 terdiri atas 26 orang peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kelas eksperimen 2 terdiri dari 26 peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai karakter dan prestasi belajar kimia peserta didik adalah berupa angket nilai karakter dan soal prestasi belajar kimia untuk materi sistem koloid. Desain pengamatan dilakukan secara berulang (pretest-posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan nilai karakter dan prestasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), (2) ada perbedaan nilai karakter dan prestasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (3) tidak ada perbedaan nilai karakter antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL, (4) ada perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL, bila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 03 Aug 2016 06:50
Last Modified: 30 Jan 2019 10:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38545

Actions (login required)

View Item View Item