SURVEY OF IMPLEMENTATION OF CURRICULUM-2013 IN CHEMISTRY TEACHING-LEARNING IN SLEMAN REGENCY SENIOR HIGH SCHOOLS

Listyawati, Nira (2016) SURVEY OF IMPLEMENTATION OF CURRICULUM-2013 IN CHEMISTRY TEACHING-LEARNING IN SLEMAN REGENCY SENIOR HIGH SCHOOLS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Thesis%20Nira%2011314244010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran kimia di SMA/ MA Kabupaten Sleman dalam aspek (a) sosialisasi Kurikulum 2013, (b) pembuatan RPP, (c) pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. (2) untuk mengetahui adanya hubungan antara sosialisasi Kurikulum 2013 dan (a) pembuatan RPP, (b) pelaksanaan pembelajaran, dan (c) evaluasi. (3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam implementasi Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang populasinya adalah seluruh guru kimia SMA di Kabupaten Sleman, dan sampelnya sebanyak 31 guru yang diambil dengan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini diambil melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik rata-rata persentase dan korelasi product moment antara sosialisasi Kurikulum 2013 terhadap pembuatan RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran kimia di SMA wilayah kabupaten Sleman ditinjau dari aspek sosialisasi Kurikulum 2013 adalah sedang (64.19%), pembuatan RPP tinggi (66.16%), pelaksanaan tinggi (73.72%), dan evaluasi sedang (63.58%). Berdasarkan korelasi product moment, diketahui bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara sosialisasi Kurikulum 2013 terhadap pembuatan RPP, pelaksanaan pembelajaran maupun evaluasi. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Kendala-kendala tersebut adalah: format RPP yang kurang jelas, waktu sosialisasi terlalu singkat dan dipaksakan, terlalu banyak lampiran harus disertakan pada RPP, alokasi waktu pembelajaran terlalu sedikit, dan terlalu banyak aspek penilaian harus dilaksanakan dengan jumlah peserta didik yang banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 03 Aug 2016 06:38
Last Modified: 30 Jan 2019 10:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38536

Actions (login required)

View Item View Item