LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 1 TURI PERIODE 2 JULI s.d. 17 SEPTEMBER 2014

EVAN SAPENTRI, EVAN SAPENTRI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 1 TURI PERIODE 2 JULI s.d. 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
(1) HALAMAN JUDUL.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(3) KATA PENGANTAR.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
(4) DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
(5) ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) BAB I, II, III.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja terdidik, terlatih, dan professional. Demi mencapai tujuan tersebut maka pihak Universitas Negeri Yogyakarta menetapkan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa dengan harapan mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman langsung di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional. Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk memberikan pengalaman dalam proses pembelajaran yang utuh dan terpadu, melatih dan mengembangkan berbagai kompetensi yang dipersyaratkan bagi seorang guru/tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan, mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan dan kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan suatu kegiatan intrakulikuler yang mencakup tugas-tugas keguruan. Peningkatan kualitas PPL terus dilakukan secara progresif sesuai dengan visi dan misi PP PPL & PKL. Peningkatan secara linier dilaksanakan semenjak pembekalan, pengajaran mikro, supervisi klinis, monitoring, refleksi, dan evaluasi serta dilakukan penelitian dan pengembangan. SMP N 1 Turi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dapat digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan PPL. Kegiatan PPL pada periode 2 Juli – 17 September 2014 dipisah dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di masyarakat, hal ini bertujuan agar proses pelaksanaan kegiatan PPL di sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar. Penyusun mendapatkan kesempatan mengajar di kelas VIII C dan VIII D dalam kegiatan KKN-PPL periode 2 Juli – 17 September 2014. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Laporan PPL ini merupakan naskah yang bertujuan untuk mengungkapkan deskripsi fisik lokasi, program yang akan dilaksanakan dalam kegiatan PPL, pelaksanaan program yang telah ditetapkan, hasil pelaksanaan dan pembahasan dari program yang telah dilaksanakan dalam kegiatan PPL. Kegiatan PPL diawali dengan pelaksanaan observasi baik kondisi lingkungan fisik sekolah maupun proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 06:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38528

Actions (login required)

View Item View Item