LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Aslachah Mauidhotul Faiz, Aslachah Mauidhotul Faiz (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ASLACHAH MAUIDOTHUL FAIZ (11108241075).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tri Dharma Perguruan Tinggi mempunyai tiga pilar yang mencakup pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Menyangkut ketiga pilar tersebut maka mahasiswa sebagai calon guru sebagai bagian integral dari perguruan tinggi juga dituntut untuk terlibat dalam ketiga tugas tersebut. Terkait dengan hal tersebut maka mahasiswa melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL). Melalui PPL mahasiswa dapat berbuat sesuatu di lapangan yang telah direncanakan. Mengenai pelaksanaan PPL dalam bidang sekolah maka untuk mahasiswa untuk bidang studi PGSD melaksanakan PPL di SD yang sesuai bidangnya. Pelaksanaan PPL tahun 2014 dilaksanakan secara kelompok. Tim KKN PPL kami mendapatkan tugas PPL di SD N Delegan 2. Sekolah ini terletak di dukuh Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman. Sekolah ini memiliki letak yang srategis dan memiliki potensi tersendiri. Potensi yang dimiliki salah satunya adalah siswa-siswi yang begitu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Maka tugas mahasiswa PGSD di sini adalah menggali potensi tersebut dan mempraktikkan ilmu yang telah diterimanya dikampus. Ilmu yang telah dipraktikan mahasiswa PGSD adalah kegiatan mengajar yang juga disebut praktik pengajaran lapangan (PPL). Tujuan utama dari pelaksanaan PPL adalah 1. Menyiapkan dan menghasilkan calon guru sekolah dasar yang memiliki nilai, sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan professional, 2. Mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai kedalam praktik keguruan, latihan untuk memasuki kehidupan nyata bagi para calon pendidik yang pada hakikatnya sekolah merupakan dunai nyata setekah lulus perguruan tinggi. Kegiatan PPL yang bertempat di SD N Delegan 2 hasil dari pelaksanaan PPL yaitu berupa program pelaksanaan praktik pengajaran terbimbing 8 kali, praktik mengajar mandiri 2 kali, pembuatan RPP, melaksanakan administrasi sekolah, menerapkan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013, melaksanakan ujian praktik mengajar dan pembuatan laporan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, SDN DELEGAN 2
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 06:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38525

Actions (login required)

View Item View Item