LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL SEMESTER KHUSUS TAHUN 2014/2015 SD NEGERI KARANGJATI,

Wike Resti Apriliantika, Wike Resti Apriliantika (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL SEMESTER KHUSUS TAHUN 2014/2015 SD NEGERI KARANGJATI,. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan kependidikan lainnya. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus 2014 sampai dengan 27 Agustus 2014 dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 28 Agustus 2013. Serta dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak 2 kali mengajar pada tanggal 2 dan 9 September 2014. Praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching, pembekalan PPL, observasi sekolah, mengumpulkan materi ajar, mempelajari silabus dan menyusun RPP. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri karangjati berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, semua mampu teratasi berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Setelah kegiatan PPL selesai, praktikan mendapatkan pemahaman bahwa menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi menjadi seorang guru SD

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengajaran Lapangan, Rencana Pelaksanaan Pembelajran, program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 05:01
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38494

Actions (login required)

View Item View Item