LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PENDATAAN SISWA PENERIMA DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SMA/SMK DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN

Tera Murtafi’ah, Tera Murtafi’ah (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PENDATAAN SISWA PENERIMA DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SMA/SMK DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tera Murtafi'ah (11101241029).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan matakuliah yang bertujuan dan bermanfaat untuk menanamkan pengalaman; memberi kesempatan untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan yang ada di sekolah maupun lembaga; dan sebagai tempat untuk meningkatkan dan menerapkan ilmu pengetahuan serta keterampilan yang telah dikuasai. Berdasarkan kegiatan PPL yang dilaksanakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, program yang telah dilaksanakan adalah pendataan Siswa untuk mendata dana BOS per Sekolah se Kabuparen Sleman. Pendataan siswa sendiri sebenarnya sudah dilaksanakan secara berkala yakni 1 tahun sekali. Namun ada perbaruan format data base untuk data siswa SMA yakni disesuaikan dengan program peminatan yang membagi kelas menjadi kelas MIA, IIS, dan IBB. Sedangkan untuk data base siswa SMK tetap menggunakan format yang lama. Dari kegiatan pendataan ini maka diperoleh output berupa data base format data siswa yang baru, serta data siswa SMA dan SMK se Kabupaten Sleman. Dari data siswa tersebut, maka akan diperoleh hasil besarnya dana BOS, dengan cara mengakalikan jumlah siswa dengan besar dana BOS yang akan dialokasikan, yakni Rp 200.000 per siswa. Secara keseluruhan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan lancer dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Hal tersebut berkat bantuan dari Tim PPL serta segenap staf Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. Berdasarkan hasil program Pendataan siswa berprestasi dan pelatih diketahui bahwa (1) Jumlah siswa disetiap sekolah se Kabupaten Sleman; serta (2) Besarnya dana BOS untuk setiap sekolah di Kabupaten Sleman. Hasil pendataan program tersebut dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan kebijakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman dalam rangka pendistribusian besarnya dana BOS yang diberikan kepada setiap Sekolah di Kabupaten Sleman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengolahan Database, Data Siswa, Dana Bos
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 05:40
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38481

Actions (login required)

View Item View Item