PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MATA DIKLAT MENGOPERASIKAN MESIN CNC DASAR DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Amru Salam , Riyadi (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MATA DIKLAT MENGOPERASIKAN MESIN CNC DASAR DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
Laporan_Skripsi_(Amru_Salam_Riyadi)_(09503245002).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) merancang dan membuat media pembelajaran dengan software Powerpoint pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar; (2) menghasilkan produk software pembelajaran Powerpoint untuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK N 2 Depok dalam bentuk CD yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok, Sleman Yogyakarta, dalam waktu enam bulan, mulai dari bulan September 2010 sampai dengan bulan Maret 2011. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran dengan Powerpoint pada mata diklat diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar TU-2A. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dan soal tes (pretest & postest). Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan uji coba penerapan media dilakukan dengan cara membandingkan hasil pretest & postest dari dua kelompok yang menggunakan media Powerpoint dan yang tidak menggunakan media Powerpoint. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan Powerpoint yang dikemas dalam sebuah CD (compact disc), sedangkan tahapan rancangan pengembangan media yang dilakukan yaitu: (1) menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan medianya; (2) melakukan penelitian pendahuluan; (3) pembuatan desain software; (4) pengumpulan bahan; (5) mengembangkan bentuk produk; (6) validasi oleh ahli media dan ahli materi; (7) analisis; (8) revisi I/revisi produk awal; (9) uji coba kelompok kecil; (10) analisis hasil uji coba kelompok kecil; (11) revisi II; (12) uji coba kelompok besar; (13) analisis hasil uji kelompok besar; (14) uji efektifitas/penerapan; dan (15) produk akhir. Media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran dengan persentase total sebesar 86,6%, ahli materi dengan persentase total sebesar 92,5%, penilaian guru mata diklat dengan persentase total 85%, hasil uji kelompok kecil dengan persentase total sebesar 81% dan uji coba kelompok besar dengan persentase total sebesar 84,7%. Media pembelajaran dengan Powerpoint ini telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 162,1%. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan Powerpoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran untuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar TU-2A dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3848

Actions (login required)

View Item View Item