PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI PAKEM (JALAN KALIURANG KM 17,5 TEGALSARI, PAKEMBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA) 1 Juli s/d 17 September 2014

Desi Kristianingsih, Desi Kristianingsih (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI PAKEM (JALAN KALIURANG KM 17,5 TEGALSARI, PAKEMBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA) 1 Juli s/d 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11413244032_DESI KRISTIANINGSIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program praktik pengalaman lapangan merupakan program yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang telah diperoleh selama perkuliahan dan berusaha mengembangkan inovasi dalam proses pembelajaran mahasiswa di lokasi PPL. Program praktik pengalaman lapangan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman ser ta pembelajaran kepada mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini di antaranya untuk melatih para mahasiswa sebagai calon guru sehingga bisa menjadi guru yang profesional di bidangnya. Selain itu program Praktik Pengalaman Lapangan yang telah terlaksana menjadi satu wadah yang cukup dapat membantu persiapan mahasiswa kependidikan dalam menyiapkan diri sebagai tenaga pendidik yang berkompetens terutama dalam mengasah kemampuan social dan pedagogik. Program praktik pengalaman lapangan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakem meliputi kegiatan praktik pembelajaran di dalam kelas serta praktik persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2014. Program praktik pembelajaran di kelas ber tujuan agar mahas i swa praktikan memperoleh pengalaman dalam proses belajar mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mengampu mata pelajaran Sosiologi kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2 tahun pelajaran 2014/2015. Sementara itu kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal. Kegiatan ini meliputi piket di ruang Tata Usaha, Bimbingan Konseling, piket guru serta Perpustakaan. Setelah melaksanakan praktik pengalaman lapangan selama dua setengah bulan, maka dapat diperoleh hasil bahwa siswa SMA Negeri 1 Pakem rata-rata mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai hal yang mendukung dalam proses pembelajaran. Siswa juga bisa berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran, sebagaimana siswa mampu mengutarakan pendapatnya sendiri terkait dengan materi pembelajaran, mengkritisi, dapat berdiskusi dengan baik, memecahkan suatu permasalahan dengan memberikan sebuah solusi, memberikan kontribusi dalam upaya antisipasi dan penganganannya dan lain sebagainya. Namun ada sebagian siswa yang memerlukan tindakan khusus dalam pembelajaran karena tidak semua siswa turut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Antusiasme siswa dalam belajar terbangun cukup baik. Dalam rangka mewujudkan output yang baik dari segi IQ, EQ, dan SQ, pihak sekolah menjalankan peranannya sebagai lembaga pendidikan secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, memb e r i k a n p r o g r am p e n d a l ama n ma t e r i , k e g i a t a n e k s t r a k u r i k u l e r , menjalin hubungan antar personal, s a l i n g me n g h a r g a i , melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38475

Actions (login required)

View Item View Item