LAPORAN INDIVIDU LOKASI SMA NEGERI 1 TEMPEL Banjarharjo, Pondokrejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, Yogyakarta 02 JULI - 17 SEPTEMBER 2014

PUTRI WIDYANINGSIH, PUTRI WIDYANINGSIH (2014) LAPORAN INDIVIDU LOKASI SMA NEGERI 1 TEMPEL Banjarharjo, Pondokrejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, Yogyakarta 02 JULI - 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6. PUTRI WIDYANINGSIH_PEND FISIKA_12302243002.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik ini digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Penyusun berkesempatan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Tempel yang terletak di Banjarharjo, Pondokrejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, Yogyakarta. PPL ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XII IPA 1 dan XII IPA 1. Akan tetapi pendampingan KBM juga dilakukan baik kelas X dan kelas XI yaitu X MIA 1, X IIS 2, XI MIA 1, dan XI MIA 2. Usaha untuk mengatasi kesulitan dan permasalahan dalam pelakasanaan PPL adalah dengan selalu melakukan konsultasi dengan guru pembimbing untuk menyamakan persepsi tentang materi yang diajarkan dan untuk mendapat masukan, saran dan bimbingan dalam pelaksanaan praktek mengajar untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya. Kegiatan PPL tahun 2014 yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tempel ini mulai dilaksanakan pada tanggal 02 Juli sampai 17 September 2014. Kegiatan PPL tersebut yang berfokus pada proses belajar mengajar di kelas. Adapun jumlah yang disyaratkan untuk mengajar adalah delapan kali pertemuan. Namun, hasil dari PPL yang dilalui di SMA Negeri 1 Tempel tahun 2014 ini adalah sebanyak 32 kali pertemuan. PPL dilaksanakan di kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Proses belajar mengajar yang dilaksanakan di kelas tersebut dapat dikatakan lancar. Mahasiswa dapat menemukan berbagai persoalan dan karakter peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Persoalan dan karakter peserta didik yang heterogen mengharuskan mahasiswa PPL menentukan metode pembelajaran yang tepat sebagai salah satu cara mengatasi persoalan yang ada sehingga dapat menambah bekal bagi mahasiswa PPL untuk menjadi guru yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:32
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38469

Actions (login required)

View Item View Item