LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN

MIFTAKHUL HUDA, MIFTAKHUL HUDA (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL Individu.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Kerja (PPL) bertujuan untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Adanya penyelenggaraan PPL dapat digunakan sebagai wadah untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dalam dunia kerja. Selanjutnya kegiatan ini juga akan menjadi bekal dalam mengembangkan diri mereka menjadi tenaga kependidikan yang professional; memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam melaksanakan tugas profesinya. Pada PPL kali ini mahasiswa memiliki program yang berjudul “Analisis Kebutuhan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sleman”. Program ini bertujuan untuk mengetahui prioritas pembangunan dan prioritas pengadaan gedung pada sekolah menegah pertama di Kabupaten Sleman. Dengan analisis tersebut diharapkan dapat membantu pihak dinas dalam pengalokasisan dana alokasi khusus (DAK). Mahasiswa yang bersangkutan melaksanakan PPL dengan membuat terobosan untuk membuat format analisis data dengan aplikasi microsoft excel. Selain itu, penjaringan data sarana dan prasarana pendidikan oleh seksi SMP dinilai belum optimal karena dari 111 SMP yang ada di Kabupaten Sleman, hanya ada 84 SMP yang mengumpulkan. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan penjaringan data sarpras SMP, mahasiswa membuatkan surat penagihan angket pendataan kepada sekolah-sekolah yang belum mengumpulkan angket pendataan. Setelah data terkumpul dan kebutuhan prasana pendidikan SMP teranalisis, pihak dinas meminta mahasiswa membantu dalam membuat rencana pengalokasian DAK untuk pengadaan sarana pendidikan SMP. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa PPL adalah sebagai berikut : Koordinasi dengan kepala bagian pengelolaan sarana dan prasaran pendidikan serta kepala seksi SMP untuk membuat format analisis data prasarana pendidikan, koordinasi dengan kepala seksi SMP untuk membuat surat pengembalian angket penjaringan data kepada sekolah-sekolah yang belum mengumpulkan, menganalisis kebutuhan prasarana pendidikan SMP berdasarkan data yang sudah terkumpul, Mencatat usulan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang ada dalam angket penjaringan data sarpras SMP, koordinasi dengan seksi SMP untuk membuat rencana pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengadaan sarana pendidikan SMP. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, dihapkan dapat membantu pihak dinas, khususnya Seksi SMP Bidang Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam pembuatan kebijakan-kebijakan yang mencakup pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Prasarana SMP, Rekap data sarpras SMP, Analisis Kebutuhan Prasarana SMP, Rekap data usulan sekolah, Rencana alokasi DAK
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:02
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38443

Actions (login required)

View Item View Item