PENGARUH PENERAPAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT KERJA BANGKU DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Alfian Yogo , Pambudi (2011) PENGARUH PENERAPAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT KERJA BANGKU DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
THE_INFLUENCE_OF_POWERPOINT_MEDIA_IMPLEMENTATION_TOWARDS_STUDENTS_LEARNING_ACHIEVEMENT_IN_BENCH_WORK_COURSE_IN_SMK_PIRI_1_YOGYAKARTA.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Prestasi belajar siswa pada mata diklat kerja bangku, 2) Peningkatan prestasi hasil belajar siswa setelah menggunakan media PowerPoint pada mata diklat kerja bangku, 3) Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan media PowerPoint dengan yang diajar tanpa menggunakan media PowerPoint pada mata diklat kerja bangku, Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-Equivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa media PowerPoint dan variabel terikat berupa prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa dengan pembagian 26 sebagai kelas kontrol (1TP1) dan 25 sebagai kelas eksperimen (1TP2). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes objektif dengan empat pilihan jawaban, sedangkan uji analisis untuk menganalisis data adalah statistik deskriptif menggunakan software analisis data SPSS17. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan 1) Prestasi belajar mata diklat kerja bangku di SMK PIRI 1 Yogyakarta berdasarkan hasil penelitian: nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 58,75 dan nilai rata-rata postes adalah 62,63; sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretes adalah 61,11 dan nilai rata-rata postes adalah 70,83, 2) Penggunaan media PowerPoint dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan selisih antara nilai pretes dengan nilai postes yang lebih besar pada kelas eksperimen. Kelas kontrol mengalami kenaikan sebesar 6,6% sedangkan kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 15,91%., 3) Adanya perbedaan prestasi belajar yang signifikan, hal terbukti dari hasil penghitungan nilai rata-rata (mean) postes dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Skor rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 62,63 dan kelas eksperimen 70,83.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3844

Actions (login required)

View Item View Item