LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2014/2015

FATIMAH, FATIMAH (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fatimah_11520241017.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang berlokasi di SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN telah dilaksanakan pada tanggal 2 Juli-17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 2 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 4 Agustus sampai dengan 17 September 2014, Pokok bahasan untuk kelas X TKJ untuk mata pelajaran Sistem komputer yang diajarkan meliputi Sejarah komputer,Relasi Logik, Ip Adress. sistem bilangan,konversi sistem bilangan, ASCII CODE. untuk Kelas XI TKJ mata pelajaran sistem komputer bahsan pokoknya yaitu sitem,fungsi dan struk masukan, perangkat pemroses, Modul I/O terprogram, perangkat Eksternal, untuk kelas X TKJ pada mata pelajaran pemrograman web membah tentang teknologi aplikasi web, alur pengembangan web,anatomi dokumen web,menyajikan pemformatan teks dan paragraf. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, Media yang digunakan adalah buku tentang materi, laptop, LCD, dan papan tulis. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik. Hambatan yang ditemui mahasiswa dalam melaksanakan PPL adalah: 1. Dari mahasiswa, kurangnya sumber untuk menyampaikkan teori dari siswa karna hanya sumber di internet dan beberpa buku yang bukan dari kurikulum 2013, 2. Karna ditekankan siswa aktif dalam proses belajar mengajar maka untuk membuat semua siswa aktif sangat sulit hanya beberapa yang aktif dalam kelas.. Secara umum, program-program dan kegiatan lain yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Tetapi hal tersebut dapat di atasi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak. Mahasiswa berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan sebagai referensi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Muhamadiyah 2 Muntilan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38436

Actions (login required)

View Item View Item