LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN

RISTA DWISANIDYA, RISTA DWISANIDYA (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PDF.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik sebesar 3 sks dan bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk melatih dan memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa kependidikan dibidang pembelajaran sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapat dari bangku perkuliahan melalui suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, serta memantapkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Kegiatan KKN-PPL diawali dengan dilakukan observasi pada bulan Februari 2014 untuk mengetahui situasi dan kondisi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakteristik siswa, dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penerjunan kegiatan KKN-PPL dilaksanakan bulan Februari 2014 dan diakhiri dengan penarikan pada tanggal 20 September 2014 bertempat di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan PPL antara lain persiapan administrasi mengajar (Minggu Efektif Mengajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), praktik mengajar di kelas, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian kegiatan PPL. Mata diklat yang diampu oleh penyusun adalah Kearsipan dan Pengantar Akuntansi untuk kelas X ADP. Frekuensi tatap muka di kelas dalam satu minggu adalah 6 jam pelajaran. Hasil dari pelaksanaan PPL ini adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan di awal pembelajaran. Dalam kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan penyusun dapat memperoleh pengalaman nyata dalam proses belajar mengajar dan belajar mengatasi hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, pengalaman dalam menghadapi peserta didik dengan karakteristik yang berbeda satu sama lain, belajar untuk membuat persiapan mengajar, dan belajar menjadi guru yang profesioanal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK muhamadiyah 2 muntilan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:46
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38432

Actions (login required)

View Item View Item