LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO “Validasi Data Pendukung Kegiatan Administrasi Kurikulum Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo Berbantu Komputer”

Nurina Putri Utami, Nurina Putri Utami (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO “Validasi Data Pendukung Kegiatan Administrasi Kurikulum Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo Berbantu Komputer”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurina Putri Utami.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Kerja (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata sebagai pengelola dan penunjang pendidikan dengan cara melibatkan mereka secara langsung dalam proses penyelelnggaraan lembaga pendidikan atau lembaga pengelola pendidikan. Selanjutnya kegiatan ini juga akan menjadi bekal dalam mengembangkan diri mereka menjadi tenaga kependidikan yang professional; memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam melaksanakan tugas profesinya. Pada PPL kali ini mahasiswa memiliki program yang berjudul “Validasi Data Pendukung Kegiatan Administrasi Kurikulum Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo Berbantu Komputer”. Program ini bertujuan untuk memudahkan pegawai dan pejabat dilingkungan dinas pendidikan dalam melakukan pekerjaannya terutama yang berhubungan dengan data- data mengenai siswa. Mahasiswa yang bersangkutan melaksanakan PPL merencanakan pendataan baru dengan dibantu kepala seksi bidang kurikulum dan penjamin mutu pendidikan. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa PPL sampai database terwujud sebagai berikut : Koordinasi Pembuatan Blangko Baru sesuai kebutuhan; Menyebarkan Blangko ke SMP se-Kulon Progo dengan dibantu pihak dinas pendidikan; setelah Blangko Kembali segera di entry ke Ms. Excel sesuai dengan format yang sudah ditentukan. Pendataan ini secara cukup menjelaskan mengenai jumlah siswa di sekolah masing – masing menurut rombel dan jenis kelamin. Hasil pendataan ini dapat memudahkan banyak pihak dalam mengetahui informasi mengenai jumlah siswa dan keterkaitannya. Hasil pendataan ini diharapkan nantinya dapat berfungsi bagi dinas pendidikan, sekolah yang membutuhkan maupun masyarakat luar yang membutuhkan informasi mengenai siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pendataan Siswa berbantu computer, Siswa menurut rombel dan jenis kelamin.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:38
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38429

Actions (login required)

View Item View Item