LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO “PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN KELUAR DI SUB BAGIAN UMUM DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO”

Yoga Rahman, Yoga Rahman (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO “PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN KELUAR DI SUB BAGIAN UMUM DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YOGA 11101244005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Kerja (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata sebagai pengelola dan penunjang pendidikan dengan cara melibatkan mereka secara langsung dalam proses penyelelnggaraan lembaga pendidikan atau lembaga pengelola pendidikan. Selanjutnya kegiatan ini juga akan menjadi bekal dalam mengembangkan diri mereka menjadi tenaga kependidikan yang professional; memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam melaksanakan tugas profesinya. Pada PPL kali ini mahasiswa memiliki program yang berjudul “Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar di Sub bagian Umum Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo”. Program ini bertujuan untuk membantu dan mempermudah surat yang masuk untuk Kepala Dinas agar secara cepat di proses sehingga agenda Kepala Dinas dapat diatur dengan cepat setelah surat di disposisi, dan juga mengelola surat keluar Dinas Pendidikan dengan pemberian nomor surat. Mahasiswa yang bersangkutan melaksanakan PPL dengan dibantu kepala sub bagian umum beserta staf. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa PPL sebagai berikut : penerimaan surat masuk dari lembaga atau instansi, pemilihan surat untuk kepala dinas dan surat untuk seksi di dinas pendidikan, pendisposisian surat untuk kepala dinas, setelah suat turun dari kepala dinas langsung di serahkan ke bidang yang terkait. Program ini sendiri merupakan program pengganti dari program awalnya yaitu Optimalisasi Pengelolaan Arsip Surat di Sub Bagian Umum Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, program ini sendiri tidak dapat berjalan dikarenakan arsip yang ada di sub bagian umum merupakan arsip baru dan sudah tersusun rapi dikarenakan sub bagian umum sendiri baru tahun pertama di adakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, dan juga di karenakan bertepatan dengan adanya surat masuk ijin penambahan jam mengajar bagi guru yang belum memenuhi standar jam mengajar yang berjumlah sekitar 5000 berkas sehingga penulis lebih terfokus pada pengelolaan surat masuk dan keluar agar tidak terjadi penumpukan surat masuk di subbag umum sehingga agenda kepala Dinas juga dapat berjalan lancar tanpa adanya disposisi surat yang terlambat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:36
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38427

Actions (login required)

View Item View Item