PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI SISWA SMK N TEMBARAK

Sandi, Pratiwi (2016) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI SISWA SMK N TEMBARAK. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sandi Pratiwi 08518241017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI SISWA SMK N TEMBARAK Oleh: Sandi Pratiwi NIM. 08518241017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi praktik kerja industri siswa kelas XII SMK N Tembarak, (2) prestasi uji kompetensi siswa SMK N Tembarak, (3) kontribusi prestasi praktik kerja industri terhadap prestasi uji kompetensi siswa SMK N Tembarak. Metode penelitian ini adalah expost facto. Responden penelitian yaitu siswa SMK N Tembarak dengan jumlah 60 orang dari dua program keahlian yaitu Mekatronika dan Elektronika Industri.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data nilai. Bukti validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement. Analisis data diuji menggunakan teknik pengujian regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi kerja siswa SMK N Tembarak dengan kriteria baik mencapai angka 61,66%, sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi kerja siswa tergolong baik. Praktik kerja industri siswa SMK N Tembarak dengan kriteria cukup mencapai angka sebesar 65%, sehingga dapat dikatakan bahwa praktik kerja industri siswa tergolong cukup, (2) terdapat pengaruh yang positif antara praktik kerja industri dengan nilai uji kompetensi siswa SMK N Tembarak. Besarnya sumbangan motivasi kerja terhadap hasil uji kompetensi sebesar 57,2%, (3) terdapat pengaruh yang positif antara motivasi kerja dengan nilai uji kompetensi siswa SMK N Tembarak. Besarnya sumbangan motivasi kerja terhadap hasil uji kompetensi sebesar 46%, (4) terdapat pengaruh yang positif antara praktik kerja industri dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap nilai uji kompetensi siswa SMK N Tembarak. Besarnya sumbangan motivasi kerja terhadap hasil uji kompetensi sebesar 73,9%. Berdasarkan hasil penelitiandapat disampaikan saran kepada guru SMK N Tembarak antara lain: untuk mengoptimalkan fungsi bimbingan karir, sehingga dapat membangkitkan motivasi kerja siswa. Diperlukan penyamaan persepsi serta kerjasama yang lebih baik antara pihak sekolah dan industri dalam menentukan materi praktik kerja industri. Variabel yang berpengaruh terhadap hasil uji kompetensi hendaknya dikembangkan untuk memantapkan siswa terjun ke dunia kerja. Kata kunci : praktik kerja industri, motivasi kerja, uji kompetensi Click to buy NOW! PDF-XChange Viewer www.docu-track.com Click to buy NOW! PDF-XChange Viewer www.docu-track.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 10:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38424

Actions (login required)

View Item View Item