LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PENDATAAN SISWA BERPRESTASI DAN PELATIH DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN

Falen Twinka Dila, Falen Twinka Dila (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PENDATAAN SISWA BERPRESTASI DAN PELATIH DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang memiliki kesesuaian dengan kompetensi akademik mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan. Program ini ditujukan untuk membantu keterlaksanaan kinerja maupun program yang dilaksanakan Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman yakni terfokus pada pengelolaan “Pendataan Siswa Berprestasi dan pelatih Olahraga Di Bidang Olahraga dan Seni”. Latar belakang dilaksanakannya program, karena data siswa prestasi bidang olahraga dan seni pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, pengolahannya dilakukan secara sistematis dalam 1 (satu) tahun ajaran serta digunakan untuk pembinaan para atlet dan pelatih, sehingga diperlukan pengelolaan berbasis komputer untuk mempermudah pengelolaan data jumlah siswa berprestasi dan pelatih olahraga. Program Pendataan siswa berprestasi dan pelatih dilaksanakan guna membantu ketercapaian pekerjaan Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. Data pelatih dihimpun dan dilakukan pengolahan selama periode 2012, 2013 dan 2014 sedangkan prestasi siswa pada tahun 2014 dengan output program berbentuk database yakni himpunan data siswa berprestasi dan pelatih berdasarkan tahun, berdasarkan cabang olahraga dan rekap data berdasarkan tingkat prestasi. Melalui rekap data tersebut akan diketahui jumlah siswa berprestasi sesuai tingkatan Kabupaten, Propinsi atau Nasional. Secara keseluruhan program praktik pengalaman lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan lancar. Hal tersebut berkat bantuan dari Tim PPL serta segenap staf Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. Berdasarkan hasil program Pendataan siswa berprestasi dan pelatih diketahui bahwa (1) Jumlah prestator setiap cabang olahraga merata; serta (2) Pelatih olahraga di Kabupaten Sleman masih terbatas di setiap Kecamatan. Hasil analisis program tersebut dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan kebijakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman dalam rangka peningkatan kualitas prestator dan pemerataan pelatih olahraga di Kabupaten Sleman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengolahan Database, Prestasi, Pelatih Olahraga
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:38
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38421

Actions (login required)

View Item View Item