MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT DASAR KEJURUAN MESIN MENGGUNAKAN HANDOUT DI SMKN 3 YOGYAKARTA

Alex , Wiknyo Prasetya (2011) MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT DASAR KEJURUAN MESIN MENGGUNAKAN HANDOUT DI SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text (Document)
MENINGKATKAN_KOMPETENSI_DAN_EFEKTIVITAS_PEMBELAJARAN_PADA_MATA_DIKLAT_DASAR_KEJURUAN_MESIN_MENGGUNAKAN_HANDOUT_DI_SMKN_3_YOGYAKARTA.doc

Download (116kB)

Abstract

Kondisi awal kelas 1 TP1 SMKN 3 Yogyakarta sebelum diadakan penelitian, peserta didiknya kurang aktif pada saat pembelajaran Dasar Kejuruan Mesin (DKM). Nilai rata-rata pokok bahasan mesin bubut peserta didiknya hanya 65. Handout ternyata belum pernah digunakan, sehingga peneliti perlu untuk menggunakan handout pada pembelajaran mesin bubut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan handout pada mata diklat dasar kejuruan mesin materi pembelajaran mesin bubut menjadi lebih efektif dan dapat meningkatkan pencapaian kompetensi siswa kelas 1 TP1 di SMK N 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model kemmis yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas 1 TP1 SMK N 3 Yogyakarta sebanyak 34 siswa pada mata diklat Dasar Kejuruan Mesin (DKM). Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, dan pemberian tes. Data observasi yang diperoleh pada setiap siklus dan hasil tes dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua peserta didik mengisi handout, tidak ada peserta didik yang salah dalam mengisi handout, tidak ada peserta didik yang salah menjawab pertanyaan lisan dari guru, ada 1 peserta didik yang kurang memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi yang ada pada handout, peserta didik yang berani menjawab pertanyaan guru ada 10 orang, peserta didik yang berani menyajikan temuannya ada 4 orang, peserta didik yang berani memberikan refleksi hasil belajarnya ada 6 orang, semua kelompok belajar bekerja harmonis, dan nilai rata-rata ujian siswa mencapai 80. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan handout pada mata diklat Dasar Kejuruan Mesin (DKM) dapat meningkatkan efektitas pembelajaran dan Kompetensi siswa kelas 1 TP1 di SMK N 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

View Item View Item