LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO “Pendataan Lembaga Kursus dan Pelatihan Setelah Akreditasi Berbantu Komputer di Kabupaten Kulon Progo”

Gunarti Ika Pradewi, Gunarti Ika Pradewi (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO “Pendataan Lembaga Kursus dan Pelatihan Setelah Akreditasi Berbantu Komputer di Kabupaten Kulon Progo”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IKA 11101241014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seksi Dikmas, Kursus dan Pelatihan, merupakan satuan kerja yang ada di Dinas Pendidikan kabupaten Kulon Progo dan berada di bawah naungan Bidang PAUDNI. Terkait dengan seksi Dikmas, tugas pokok dan fungsinya ialah peningkatan mutu, dan relevansi penyelenggaraan pendidikan non formal di Kabupaten Kulon Progo. Berdasarkan hal tersebut tentu Seksi dikmas membutuhkan pembaharuan informasi mengenai kemajuan dan penyelenggaraan lembaga pendidikan non formal di Kabupaten Kulon Progo setiap tahunnya. Terlebih di tahun 2014 ini ada program akreditasi lembaga penyelenggaran pendidikan non formal. Berkaitan dengan hal tersebut, pelaksana memfokuskan pada pengumpulan informasi mengenai Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Informasi mengenai LKP dapat diperoleh melalui pengumpulan data dari lembaga. Data diperoleh melalui angket yang disebarkan kepada penilik. Setelah angket disebarkan data yang terkumpul diolah dan direkap sesuai dengan Format yang ada kemudian hasil dari rekapan itu diolah dan dianalisis terlebih dahulu supaya valid. Pengolahan dan analisis data pada programini menggunakan aplikasi Microsoft Acses. Hasil akhir dari program ini berupa database profil LKP. Berdasarkan hasil implementasi program dapat dikatakan program utama pelaksana berjalan 90%, begitu pula dengan program penunjang. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran lembaga untuk berpartisipasi dalam pendataan. Sehingga banyak lembaga yang tidak mengumpulkan kembali angket yang telah diberikan. Namun demikian pelaksana dapat memenuhi jam bahkan melebihi batas minimal jam dengan mengerjakan program tambahan selama melaksanakan PPL di seksi Dikmas, Kursus dan Pelatihan Dinas Pendidikan kabupaten Kulon progo. Kata Kunci: Seksi Dikmas Kursus dan Pelatihan, LKP dan Informasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:28
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38419

Actions (login required)

View Item View Item