LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 1 JULI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO UNIT II Jalan Terbahsari, Wates, Kulon Progo

Christian Hosky Marak, Christian Hosky Marak (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 1 JULI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO UNIT II Jalan Terbahsari, Wates, Kulon Progo. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HOSKY 11101241024.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sarana mahasiswa khususnya bidang pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dalam mengasah kemampuan sekaligus menerapkan ilmu yang selama ini didapat di kampus ke lembaga atau instansi. Dengan bekal yang sudah didapatkan di perkuliahan mahasiswa diajarkan untuk merasakan bagaimana suasana kerja secara nyata di lembaga berdasarkan latar belakang keilmuannya, kegiatan PPL ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa menjadi pribadi yang handal dan professional. Pada kegiatan PPL ini mahasiswa membuat program berjudul “Rekapitulasi Data Pendidik Per Mata Pelajaran SMP Kabupaten Kulon Progo” sebagai ganti dari program sebelumnya berjudul “Rekapitulasi Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Se-Kabupaten Kulonprogo Memanfaatkan Ms. Excel” yang terkendala dalam pelaksanaannya. Tujuan dari program ini adalah mendata jumlah pendidik yang didasarkan dengan mata pelajaran yang diampu dan memudahkan pencarian data umum pendidik. Dalam pelaksanaan program, dibagi menjadi tiga tahapan yang meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis hasil. Pada seksi diktendik ini sedang disibukkan dengan mutasi guru dan kekurangan jam para guru, sehingga dengan rekapitulasi mata pelajaran per mapel ini dapat memudahkan dalam hal pemetaan guru berdasarkan pelajaran yang diampu. Hasil dari program PPL ini adalah database mengenai data guru menurut mata pelajaran SMP di Kabupaten Kulon Progo yang disajikan dalam bentuk microsoft excel. Selain itu hasil program ini dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan untuk mengatur mutasi dan pengaturan jam mengajar pendidik khususnya pada jenjang SMP.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mahasiswa, SMP, diktendik.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38417

Actions (login required)

View Item View Item