LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO “Pendataan dan Rekapitulasi Taman Bacaan Masyarakat di Kabupaten Kulon ProgoBerbantu Komputer”

Dika Resti Juniati, Dika Resti Juniati (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO “Pendataan dan Rekapitulasi Taman Bacaan Masyarakat di Kabupaten Kulon ProgoBerbantu Komputer”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DIKA 11101241031.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo mempunyai Sub-sub Bidang, yaitu Bidang Pendidikan Sekolah Dasar, Pendidikan Sekolah Menengah Pertama, Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan, Bidang Pendidikan Sekolah Anak Usia Dini dan Non Formal Informal.Salah satu bidang yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL adalah Bidang PAUDNI khususnya di Seksi Dikmas Kursus dan Pelatihan, yang memiliki tupoksi dalam peningkatan mutu, dan relevansi penyelenggaraan pendidikan non formal di Kabupaten Kulon Progo. Sesuai dengan temuan pelaksana saat PPL I, bahwa di Seksi Dikmas belum ada pendataan yang lengkap dan terperinci mengenai lembaga TBM, PKBM dan LKP yang disebabkan beberapa hal yaitu: (1)Belum adanya dana yang digunakan untuk melakukan pendataan (2)Terbatasnya personil untuk melakukan pendataan dan merekap data. Pendataan dan rekapitulasi TBM di Kabupaten Kulon Progo Berbantu Komputer merupakan program utama pelaksana, sedangkan pelaksana juga memiliki program penunjang berupa pendataan LKP setelah akreditasi. Data untuk kedua program tersebut diperoleh melalui angket yang disebarkan oleh penilik. Setelah angket disebarkan data yang terkumpul diolah dan direkap sesuai dengan format yang sudah dikonsultasikan Pengolahan pada program utama ini menggunakan aplikasi Microsoft Acssess. Hasil akhir dari program ini berupa database profil TBM dan LKP. Berdasarkan hasil implementasi program dapat dikatakan program utama pelaksana berjalan 90%, begitu pula dengan program penunjang. Hal tersebut dikarenakan pelaksanaan program ini masih sedikit banyak terkendala oleh waktu pengumpulan kembali angket yang telah disebarkan dan tidak lengkapnya data yang diisikan oleh lembagaNamun demikian pelaksana dapat memenuhi jam bahkan melebihi batas minimal jam dengan mengerjakan program tambahan selama melaksanakan PPL di Seksi Dikmas, Kursus dan Pelatihan Dinas Pendidikan kabupaten Kulon progo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Seksi Dikmas Kursus dan Pelatihan, databasedan TBM
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38415

Actions (login required)

View Item View Item