LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO UNIT 2 “PENDATAAN DAN REKAPITULASI DATA SARANA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBANTU KOMPUTER DI KABUPATEN KULON PROGO”

Cahyaningrum Prabawati, Cahyaningrum Prabawati (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO UNIT 2 “PENDATAAN DAN REKAPITULASI DATA SARANA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBANTU KOMPUTER DI KABUPATEN KULON PROGO”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
CAHYANINGRUM 1110124015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan merupakan salah satu bentuk kegiatan perwujudan dari Tri Dharma Pergurauan Tinggi. Adapun tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa Manajemen Pendidikan adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata sebagai pengelola instansi pendidikan dengan melibatkan mahasiswa secara langsung dalam proses penyelenggaraan lembaga pendidikan dalam hal ini yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Selain itu kegiatan ini juga akan menjadi bekal mahasiswa dalam mengembangkan diri menjadi tenaga kependidikan yang professional; memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam melaksanakan tugas profesinya. PPL dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo yang merupakan lembaga pengelola pendidikan tingkat daerah. Pelaksanaan PPL Dinas Pendidikan Kulon Progo dibagi ke empat bidang yaitu Bidang Pendidikan Sekolah Dasar, Pendidikan Sekolah Menengah Pertama, Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan, Bidang Pendidikan Sekolah Anak Usia Dini dan Non Formal dan Informal. Untuk mencapai tujuan kegiatan PPL maka masing masing individu diwajibkan membuat program sesuai hasil observasi lapangan yang dilakukan sebelum kegiatan PPL. Pada PPL kali ini mahasiswa memiliki program yang berjudul “Pendataan dan Rekapitulasi Data Sarana Sekolah Menengah Pertama Berbantu Komputer di Kabupaten Kulon Progo”. Tujuan program adalah membantu Dinas Pendidikan khususnya Seksi Sarana Prasarana Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama untuk menganalisis kondisi Sarana yang dimiliki SMP di Kabupaten Kulon Progo. Program ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan database sarana prasarana SMP khususnya pada tahap pengembangan database Sarana SMP. Pelaksanaan program PPL dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahap persiapan berisi tentang koordinasi, konsultasi dan pemantapan program dengan Kepala Seksi Sarana Prasarana SMP. Tahap kedua yaitu pelaksanaan program meliputi pengumpulan data, rekap data dan pengolahan data.. Terakhir yaitu pada tahap analisis hasil yaitu pelaporan dan tindak lanjut hasil program. Hasil akhir dari Pendataan dan Rekapitulasi Data Sarana Sekolah Menengah Pertama Berbantu Komputer di Kabupaten Kulon Progo adalah berupa database sarana SMP Negeri dan Swasta. Hasil dari pemetaan data sarana prasarana berfungsi sebagai informasi bagi sekolah itu sendiri, selain itu juga dijadikan sebagai pedoman bagi dinas pendidikan dalam menetapkan sekolah mana yang akan mendapatkan bantuan baik berupa pengadaan maupun perbaikan sarana prasarana disekolah tersebut. Olah data ini pada akhirnya digunakan oleh pihak dinas terkait dengan pemberian bantuan sarana bagi SMP dengan berpatokan pada skala prioritas. Ketercapaian pelaksanaan mencapai 90% mengingat masih ada beberapa data yang tidak lengkap dalam angket. Hambatan yang dihadapi adalah keterlambatan pengumpulan dan pengisian angket pendataan yang tidak sesuai panduan oleh sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38413

Actions (login required)

View Item View Item