LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Sulistya Wibisana, Sulistya Wibisana (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
(1) cover, pengesahan, kata pengantar, daftar isi, dan abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) BAB I, II, dan III.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY guna mendapatkan pengalaman mengajar secara langsung di lapangan. Tujuan yang ingin dicapai, yaitu mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan suatu mata kuliah aplikatif yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam dalam bidang kependidikan. Praktik ini mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar di kembangkan mahasiswa di tempat praktik. Pada praktik pengalaman lapangan kali ini praktikan memperoleh tempat praktik di SMP Negeri 3 Klaten. PPL dimulai dari tanggal 2 Juli - 17 September 2014. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi: praktik mengajar, pembuatan administrasi guru meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan media pembelajaran. Praktik persekolahan yang meliputi piket guru dan upacara bendera serta kegiatan lain yang berkaitan dengan kependidikan dan dapat membantu mahasiswa untuk memperoleh bekal dan pengalaman mengenai tugas guru sebagai seorang pengajar dan seorang pendidik. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah mengajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII A, B, C, dan D selama beberapa kali pertemuan yang telah ditentukan dan juga mengisi piket, serta mengisi jam kosong untuk mata pelajaran lain. Kegiatan PPL ini dilakukan dengan tujuan konkret sebagai persiapan bila terjun pada masyarakat sekolah sebagai guru Bahasa Indonesia kelak. Dari kegiatan PPL yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa PPL berjalan dengan lancar. PPL merupakan kegiatan mahasiswa PPL belajar bersosialisasi dengan lingkungan pembelajaran sekolah, kegiatan ini memiliki makna sebagai persiapan untuk melatih mahasiswa jika kelak terjun ke dalam masyarakat dengan sesungguhnya, selain itu PPL melatih mahasiswa bekerja dengan kelompok dan segala pihak yang memiliki karakteristik berbeda. Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori-teori pembelajaran yang diterima di bangku kuliah pada keadaan yang nyata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, SMP Negeri 3 Klaten, Sulistya Wibisana
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:15
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38406

Actions (login required)

View Item View Item