LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 2 WATES

Widi Astuti, Widi Astuti (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 2 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WIDI ASTUTI 11201241021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan yang ada di berbagai fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan kegiatan PPL adalah untuk membekali mahasiswa program studi kependidikan mengenai proses pembelajaran di sekolah dalam rangka mengembangkan kompetensi keguruan yang harus dimiliki mahasiswa.. Sebelum melaksanakan PPL, mahasiswa diberikan pembekalan mengenai mata kuliah Pengajaran Mikro, menempuh mata kuliah Pengajaran Mikro selama satu semester, dan melakukan observasi baik lingkungan fisik maupun nonfisik di sekolah tempat praktik PPL. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi berkonsultasi dengan guru pembimbing, membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, membuat media pembelajaran, praktik mengajar (terbimbing dan mandiri), melaksanakan evaluasi, mengenal dan membuat administrasi guru, hingga penyusunan laporan sebagai pertanggungjawaban atas kegiatan PPL yang telah dilakukan. Praktikan berkesempatan untuk praktik mengajar di 3 kelas, yaitu kelas XI Otomotif 3, XI Otomotif 5, dan XI Adminitrasi Perkantoran. Jam pelajaran bahasa Indonesia pada setiap kelas adalah 4 jam seminggu. Jadi, praktikan mengajar 12 jam seminggu. Dalam praktik mengajar, praktikan menggunakan Pendekatan Saintifik dengan metode tanya jawab, diskusi, dan inkuiri. Praktikan juga menggunakan snow ball throwing game agar siswa senang belajar bahasa Indonesia. Keberadaan media pembelajaran juga mempengaruhi minat dan kemampuan siswa dalam menenrima materi yang diajarkan. Maka dari itu, praktikan membuat dan menggunakan media berupa power point, kertas asturo berwarna, mind mapping, gambar peristiwa pada surat kabar, dan papan tulis. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berupa kemampuan mengajar di dalam kelas, pengalaman pembuatan perangkat pembelajaran, pengalaman pelaksanaan evaluasi pembelajaran, pengalaman mengelola kelas dengan karakter siswa yang berbeda, serta pengalaman menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait misalnya dengan bapak/ibu guru serta karyawan sekolah. Selama kegiatan PPL berlangsung, ada berbagai macam kendala, akan tetapi hal tersebut masih dapat diatasi. Dalam pelaksanaan PPL, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan demi keberlangsungan jalannya kegiatan PPL diantaranya sarana dan prasarana pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan mengajar perlu ditambahkan baik kualitas maupun kuantitas. Komunikasi atau informasi dari LPPMP perlu dimaksimalkan lagi sehingga informasi dapat sampai dengan baik ke mahasiswa maupun sekolah. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL UNY 2014 telah terlaksana dengan baik. Keberlangsungan pelaksanaan program PPL ini tidak lepas dari adanya kerjasama dari berbagai pihak baik LPPMP, koordinator KKN PPL SMK Muhammadiyah 2 Wates, DPL PPL, mahasiswa, guru dan karyawan SMK Muhammadiyah 2 Wates, maupun siswa SMK Muhammadiyah 2 Wates.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Muhammadiyah 2 Wates.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:19
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38405

Actions (login required)

View Item View Item