PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SECARA TERINTEGRASI TERHADAP SIKAP ILMIAH, PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Nur , , Hartari (2010) PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SECARA TERINTEGRASI TERHADAP SIKAP ILMIAH, PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGARUH_PELAKSANAAN_PRAKTIKUM_KIMIA_SECARA_TERINTEGRASI_TERHADAP_SIKAP_ILMIA1.docx

Download (11kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap 1) sikap ilmiah peserta didik; 2) prestasi belajar kimia peserta didik; 3) retensi pengetahuan kimia peserta didik kelas X Semester i SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta pada semester gasal tahun ajaran 2007/2008. Sampel penelitian ini adalah 124 peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta pada semester gasal tahun ajaran 2007/2008 yang terbagi dalam empat kelas, dua kelas sebagai kelas eksperimen dan dua kelas sebagai kelas kontrol. Data pengetahuan awal berupa nilai ujian tengah semester pertama. Peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi angket sikap ilmiah untuk mengukur sikap ilmiah mereka. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa praktikum kimia secara terintegrasi pada materi pokok Ikatan Kimia. Setelah itu peserta didik diberikan angket sikap ilmiah kembali untuk mengukur perubahan sikap ilmiah setelah perlakuan. Peserta didik juga diberikan tes prestasi dengan materi pokok Ikatan Kimia., dan pada jangka waktu dua setengah bulan setelah tes prestasi peserta didik diberi tes retensi dengan soal yang sama dengan tes prestasi. Berdasarkan uji anakova satu jalur diperoleh harga p = 0,000 yang herarti terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap prestasi belajar kimia peserta didik. Prestasi belajar kitnia kelas ckspcrirncn lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis regresi linier rncnun,jukkan bahwa harga RZ 0,171 yang berarti bahwa pengetahuan awal kimia memberikan sumbangan efektif sebesar 17,1 % terhadap prestasi belajar kimia. Berdasarkan hasil analisis diketahui pula bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap sikap ilmiah peserta didik (p=0,581). Hasil analisis data retensi pengetahuan kimia peserta didik menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan praktikum kimia tprintegrasi terhadap retensi pengetahuan kimia peserta didik (p=0,555).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 15:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3839

Actions (login required)

View Item View Item