LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMANLAPANGAN SMA ISLAM 1 GAMPING TAHUN 2014

Fahmi Ade Hermawan, Fahmi Ade Hermawan (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMANLAPANGAN SMA ISLAM 1 GAMPING TAHUN 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
PENDAHULUAN.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB 1.doc

Download (112kB)
[img] Text
BAB 2.doc

Download (70kB)
[img] Text
BAB 3.doc

Download (33kB)

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu institusi pendidikan tetap mempertahankan dan mengembangkan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Salah satu yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal kepada mahasiswa berupa kegiatan kurikuler PPL sebagai matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY khususnya prodi kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah matakuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di SMA Islam 1 Gamping yang berlokasi terletak di Jln. Wates KM 3, 5 Pelemgurih Sleman. Lokasi SMA Islam 1 Gamping berada di wilayah Sleman sekitar 2 km kearah timur dari UPY (Universitas PGRI Yogyakarta). Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. PPL juga dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kegiatan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Hasil pelaksanaan praktik pengalaman lapangan yang diadakan di SMA Islam 1 Gamping selama 2 bulan ini dapat dipetik manfaatnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan tentang teori dan praktik bidang Pendidikan Sejarah yang diperoleh dari kegiatan perkuliahan di UNY dengan baik. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah. Pengetahuan mengenai inovasi cara pengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL, meliputi pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik, dan penggunaan metode yang kontekstual sesuai keadaan siswa. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesunggunya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2014 di SMA Islam 1 Gamping memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun lembaga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL , SMA Islam 1 Gamping
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:44
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38377

Actions (login required)

View Item View Item