LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 2 SLEMAN

Febta Pratama, Febta Pratama (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 2 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Abstrak, Lembar Pengesahan, Daftar isi, Daftar lampiran.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III LAPORAN PPL 2014 FEBTA PRATAMA.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 2 Sleman telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 2 Juli - 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 18 mahasiswa dari 8 program studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Bahasa Inggris. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 6 Juli sampai dengan 12 September 2014, dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan di kelas XI MIA 2 sebanyak delapan kali dan XI IIS 2 sebanyak delapan kali, Materi yang diajarkan di dalam kelas meliputi, Materi yang diberikan untuk kelas XI MIA 2 dan XI IIS 2 antara lain meliputi Menganalisis konsep perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamsi kemerdekaan Indonesia, Menganalisis proses masuk dan Perkembangan penjajahan bangsa Barat (Portugis, Belanda dan Inggris) di Indonesia. Menganalisis proses masuk dan Perkembangan penjajahan bangsa Barat (Portugis, Belanda dan Inggris) di Indonesia. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:30
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38366

Actions (login required)

View Item View Item