Yamdari, Yamdari (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP N 2 NGEMPLAK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL YAMDARI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Mahasiswa PPL melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 2 Ngemplak mulai tanggal 6 Agustus sampai dengan 7 September 2014 yang berlokasi di Macanan, Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan PPL diawali dengan melakukan observasi pada tanggal 10 Maret 2014 di SMP Negeri 2 Ngemplak yang bertujuan untuk mengetahui potensi sekolah, kondisi fisik ataupun non-fisik SMP Negeri 2 Ngemplak serta kegiatan praktik belajar mengajar yang berlangsung di sekolah. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan program-program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa PPL selama SMP Negeri 2 Ngemplak. Berdasarkan analisis situasi dari hasil observasi yang telah dilakukan, Mahasiswa PPL kemudian menyusun program yang akan dilakukan selama PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, Mahasiswa PPL melakukan observasi proses pembelajaran dan kondisi sekolah, mengikuti kuliah pengajaran mikro (microteaching), mengikuti pembekalan PPL, dan berkoordinasi dengan guru pembimbing. Dalam pelaksanaan PPL, Mahasiswa PPL mendapat kepercayaan untuk mengajar 2 kelas yaitu di kelas VIII E, VII E, dengan materi Unggah-ungguh Jawa, Pawartos dan cerita pengalaman. Dalam pelaksanaannya, Mahasiswa PPL juga membuat perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan bahan ajar yang digunakan dan yang relevan serta membuat media pembelajaran yang mendukung. Sebelum digunakan oleh Mahasiswa PPL, RPP tersebut dikonsultasikan kepada guru pembimbing untuk menghindari kesalahan konsep. Mahasiswa PPL telah melakukan praktik mengajar di kelas sebanyak 10 pertemuan, penyampaian materi menggunakan metode ceramah, diskusi, bermain peran, dan tanya jawab. Kegiatan PPL telah dilaksanakan oleh Mahasiswa PPL dengan baik dan lancar meskipun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai hambatan, akan tetapi semua dapat teratasi dengan baik atas bimbingan dan masukan dari guru pembimbing, kerjasama yang baik dengan teman PPL, dosen pembimbing lapangan, pihak sekolah, dan pihak terkait lainnya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Pembelajaran, Siswa |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 02:24 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |