KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SD NEGERI NOGOTIRTO PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 Alamat: Karangtengah, Nogotirto, Gamping, Sleman

Suratiningsih, Suratiningsih (2014) KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SD NEGERI NOGOTIRTO PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 Alamat: Karangtengah, Nogotirto, Gamping, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1. CAVER.docx

Download (149kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR PPL.docx

Download (23kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
5. BAB I PPL.docx

Download (35kB)
[img] Text
6. BAB II PPL.docx

Download (52kB)
[img] Text
7. BAB III PPL.docx

Download (28kB)

Abstract

Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu ketrampilan kependidikan yang diperoleh di kampus kemudian dikembangkan mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan.Tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini yaitu merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu meningkatkan potensi, bakat, dan minat siswa yang berguna untuk menunjang proses belajar mengajar; membantu meningkatkan kondisi sekolah yang mendukung proses belajar mengajar; mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan/atau tenaga kependidikan, dalam hal ini adalah mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pembuatan RPP, pengembangan media pembelajaran, pendampingan praktikum dan pendampingan bimbingan belajar.. Kegiatan PPL Mahasiswa UNY Tahun 2014, dilakukan di SD Negeri Nogotirto , Karangtengah, Nogotirto, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55292, Telepon (0274) 581487. Karena PPL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dan melakukan pengamatan secara langsung. Dalam hal ini sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SD N Nogotirto. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 25-27 Februari 2014. Kegiatan PPL serta Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang masing-masing 10 kali pertemuan dan juga praktikan melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler serta membantu dalam pembenahan Administrasi Perpustakaan dan UKS. Setelah melaksanakan kegiatan PPL di SD Negeri Nogotirto, maka didapatkan hasil bahwa rata-rata siswa mempunyai kesungguhan dalam belajar yang baik, serta memperhatikan/ menurut apa yang di perintahkan oleh praktikan. Dalam mewujudkan output yang baik, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara professional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:23
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38362

Actions (login required)

View Item View Item