LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI-l7 SEPTEMBER 2OI4 LOKASI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK

Ria Radifya, Ria Radifya (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI-l7 SEPTEMBER 2OI4 LOKASI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL RIA.pdf

Download (63MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) LrNY 2014 yang bertempat di SMP Negeri 2 Ngemplak secara resmi dilaksanakan pada tanggal 2luli-L7 September 2CI14. Untuk tahun 2014 ini, SMP Negeri 2 Ngemplak mendapat 8 mahasiswa PPLyang terdiri dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Daerah, Pendidikan IlmuPengetahuanSosial, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, tersebut ditedunkan untuk melaksanakan program PPL sesuai dengan rancangan program yang ada dalam proposal kegiatan yang sudah dibuat, didiskusikan, dan disetujui oleh pihak SMP Negeri 2 Ngemplak. PPL atau Praktik Pengalaman Lapangan adalah salah satu mata kuliah yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan life skills yarg diantaranya pengalaman belajar, perluasan wawasan, pengembangan kompetensi, peningkatan kreativitas, keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan menemukan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi. Agar PPL dapat terlaksana dengan optimal, lancar, dan sesuai dengan harapan, maka diperlukan observasi sebelumnya. Observasi yang dilakukan adalah yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas. Program kegiatan praktek mengajar meliputi persiapan media dan perangkat pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, dan beberapa administrasi mengajar lain serta materi, media dan sarana yang akan digunakan dalam proses mengajar. Proses pembelajaraan meliputi penyampaian atar pentransferan materi ajar kepada peserta didik. Semua rencana dan persiapan kegiatan sebelumnya telah dikonsultasikan kepada gum pembimbing sehingga mahasiswa dapat memperoleh masukan dari guru pembimbing. Seluruh rencana dan persiapan program tersebut bertujuan untuk peningkatan kualitas peserta didik sehingga akan dihasilkan lulusan yang profesional dan memiliki kompetensi yang tinggi sesuai dengan bidangnya. Dengan adanya program ini diharapkan nantinya semua hasil dari program yang telah terlaksana dapat diteruskan secara berkesinambungan. Seluruh program PPL dapat terlaksana dengan baik, tanpa ada hambatan yang cukup berarti. Guru pembimbing sangat membantu dalam memberikan pengarahan dan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mengajar. Banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan program-program yang telah dilakukan. Manfaat tersebut anrara lain siswa lebih tertarik belajar bahasa Indonesia menggunakan media-media seperti LCD, video,dan lain-lain. Melalui metode pengajaran seperti ini, mereka menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.Guru juga memberikan pancingan hadiah sehingga peserta didik akan lebih aktif dalam menerima pelajaran. Selain itu, siswa menyadari bahwa ilmu itu ada di sekitar mereka dan bisa belajar secara saintific, bertambahnya sumber atau referensi belajar dengan adanya pengadaan bahan ajar yang bervariasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:21
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38361

Actions (login required)

View Item View Item